RajaBackLink.com

Breaking News

Mengunjungi Museum Nasional

 

Image : istockphoto.com

 

Buat kalian yang tinggal di Jakarta menghabiskan waktu liburan ke pusat perbelanjaan, taman atau tempat yang terkenal kayak Ancol pasti sudah menjadi hal yang biasa. Kalau kalian merasa bosan, kalian mungkin bisa mencoba liburan ke destinasi wisata sejarah. Kalian bisa coba untuk mengunjungi Museum Nasional, objek wisata sejarah ini cukup terkenal oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Selain bisa melihat koleksi bersejarah di dalamnya, tentunya kamu juga berburu spot foto menarik. Akses menuju kesana cukup mudah, kalian bisa menggunakan kendaraan umum atau car sharing. Mau tau apa saja hal menarik di Museum Nasional? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Sejarah Museum Nasional

Cikal bakal museum ini lahir tahun 1778, tepatnya tanggal 24 April, pada saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. J.C.M. Radermacher. Pada masa pemerintahan Inggris (1811-1816), Sir Thomas Stamford Raffles yang juga merupakan direktur dari Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen memerintahkan pembangunan gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit No. 3. Gedung ini digunakan sebagai museum dan ruang pertemuan untuk Literary Society (dahulu bernama "Societeit de Harmonie"). Lokasi gedung ini sekarang menjadi bagian dari kompleks Sekretariat Negara. Mulai tahun 2005, Museum Nasional berada dibawah pengelolaan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. nama resmi dari museum ini adalah “Museum Nasional Republik Indonesia”.

Koleksi Museum Nasional

Museum Nasional banyak mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Antara lain yang termasuk koleksi adalah arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga. Catatan di website Museum Nasional Republik Indonesia pada tahun 2001 menunjukkan bahwa koleksi telah mencapai 109.342 buah. Jumlah koleksi itulah yang membuat museum ini dikenal sebagai yang terlengkap di Indonesia. Sumber koleksi banyak berasal dari penggalian arkeologis, hibah kolektor sejak masa Hindia Belanda dan pembelian. Koleksi keramik dan koleksi etnografi Indonesia di museum ini cukup lengkap. Koleksi yang menarik adalah patung Bhairawa. Patung yang tertinggi di Museum Nasional ini (414 cm).

Menarik bukan? Berkunjung ke museum tentunya bisa menjadi hal baru dalam list liburan kita.


Tidak ada komentar