Breaking News

Ingin Nyaman Bermain Game, Ketahui 5 Hal Penting Ini Saat Memilih Monitor Gaming


 

Image : pixabay.com


Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu sekaligus mengusir penat, salah satunya dengan bermain game. Di era digital ini, bagi beberapa orang bermain game menjadi pilihan menarik di saat luang. Apalagi bagi yang telah menjadi hobi, maka sering berjam-jam menatap layar monitor sudah menjadi hal biasa.

Pastinya kamu menginginkan pengalaman bermain game yang menyenangkan, bukan? Untuk itu, wajib bagi kamu memperhatikan beberapa hal yang menjadi faktor pendukungnya. Salah satu faktor yang tak boleh dikesampingkan adalah pemilihan gaming monitor yang kamu gunakan dalam bermain. Perangkat ini memiliki fungsi yang cukup penting karena bisa mempengaruhi kenyamanan saat bermain game.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini konten game mempunyai resolusi yang semakin besar, sehingga monitor gaming pun perlu menyesuaikan. Oleh karena itu, tak bisa sembarangan dalam memilih perangkat tersebut agar memperoleh tampilan visual game yang maksimal dan tak ada timbul masalah saat game dimainkan. Maka, tak salah jika kamu harus mengetahui tips dalam memilih salah satu kelengkapan bermain game tersebut.

Lantas, apa saja tips memilih monitor gaming itu? Berikut ini, setidaknya 5 tips atau hal yang perlu kamu ketahui dalam memilih monitor gaming untuk menjadi panduan. Simak uraiannya!

1. Ukuran Monitor.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa semakin besar ukuran monitor akan semakin baik. Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian. Sesuai preferensi para profesional, monitor dengan ukuran 24 inci menjadi ukuran yang sangat disarankan. Para gamer biasa menggunakan ukuran monitor ini untuk online match-up games, first-person shooter (FPS), dan sejenisnya. Pertimbangannya, agar sudut pandang gamer bisa menjangkau ke seluruh bagian monitor.

Sementara itu jika menggunakan monitor dengan ukuran terlalu besar akan membuat pergerakan mata tak bisa menjangkau ke seluruh bagian monitor. Bagi sebagian orang bermain game menggunakan ukuran monitor kelewat besar bahkan bisa membuat kepala pusing, sehingga mesti dihindari.

2. Resolusi

Saat kamu akan membeli monitor gaming, maka resolusi harus menjadi pertimbangan yang paling pokok, sehingga ini menjadi hal pertama yang harus kamu perhatikan. Informasi tentang resolusi monitor ini bisa dilihat pada data spesifikasinya, pasti tercantum di dalamnya.

Saat ini di pasaran beredar monitor game dengan tiga jenis resolusi, dari yang paling rendah, yakni : Full HD/1080p, 2K/Quad HD/1440p, dan 4K/Ultra HD/2160p. Untuk mendapatkan ketajaman serta kualitas visual gambar yang bagus, maka standar minimal resolusi monitor yang disyaratkan adalah resolusi 1440p. Dengan standar ini, monitor mampu menyediakan frame rate yang stabil pada konten game terbaru tanpa harus dilengkapi hardware kelas atas. Selain itu, dari segi harga, monitor resolusi 1440p juga masih cukup terjangkau.

3. Refresh Rate.

Refresh rate menjadi poin penting dalam memilih monitor gaming. Sebaiknya kamu memilih refresh rate yang sesuai dengan jenis konten game. Perlu diingat, tidak selamanya spesifikasi refresh rate yang tinggi berarti monitor gaming tersebut lebih baik.

Kapan diperlukan monitor gaming dengan refresh rate tinggi? Ketika bermain game dengan pergerakan visual yang akurat dan sangat cepat memang perlu refresh rate yang tinggi, biasanya permainan game dalam sebuah kompetisi. Misalnya pada game fenre FPS (First-Person Shooter), fighting, balapan, olahraga, dan RTS (Real-Time Strategy).

4. Response Time.

Response time diukur dalam satuan milidetik (ms), merupakan waktu yang diperlukan pixel monitor untuk berubah dari satu warna ke warna lainnya. Response time makin rendah berarti semakin cepat.

Untuk bermain jenis game dengan pergantian gambar yang cepat, maka direkomendasikan untuk memilih monitor gaming dengan response time 1 ms, misalnya untuk jenis game FPS, game balapan atau game olahraga. Dengan memakai response time 1 ms, maka efek screen tearing atau tampilan layar seolah terbelah serta frame rate yang fluktuatif bisa dihilangkan.

5. Adaptive Sync.

Saat ini ada dua pabrikan monitor gaming yang memakai adaptive sync, yaitu Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync. Dari segi harga, monitor gaming dengan teknologi Nvidia G-Sync mempunyai harga relatif lebih mahal, sedangkan monitor dengan AMD FreeSync harganya lebih terjangkau. Teknologi ini mempunyai fungsi cukup penting untuk mengurangi efek screen tearing di dalam game.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang monitor gaming sebelum memutuskan untuk membelinya. Meski ada berbagai teknologi yang ditawarkan untuk pengalaman bermain game yang menyenangkan, namun semuanya itu tak akan lepas dari budget yang kamu miliki. Untuk itu sesuaikan budget dengan kebutuhan, cari info harga dan dapatkan monitor gaming yang berkualitas di Blibli
 
 
 

Tidak ada komentar