Breaking News

Pilih Premi Tunggal atau Berkala, Cek Produk Asuransi Hits Berikut!

 

Image : istockphoto.com


Pernah mendengar tentang investasi unit link? Investasi yang satu ini terbilang cukup menguntungkan bagi nasabah. Hal ini dikarenakan prinsip pengelolaan uang untuk investasi dibarengi juga dengan perlindungan dari produk asuransi. Dengan demikian, nasabah tidak hanya dapat memaksimalkan potensi keuangan yang dipunya, melainkan juga mendapatkan ekstra perlindungan terhadap diri, agar proses investasi dapat terus berjalan tanpa hambatan.

Unit link sendiri dikategorisasikan sebagai produk asuransi non-tradisional dengan sistem alokasi dana yang sebagian untuk pembayaran premi perlindungan, sedangkan sebagiannya lagi dikelola oleh manajer investasi demi meningkatkan potensi keuangan nasabah. Selain itu, umumnya nasabah juga diberikan keleluasaan dalam menentukan instrumen investasi yang akan digunakan, apakah reksadana saham, obligasi, ataupun pasar uang.

Terdapat dua cara pembayaran premi yang bisa dipilih oleh nasabah dan disesuaikan dengan kemampuan serta tujuan dari investasi yang dipilih, berikut ulasannya : 
 
1. Unit link premi tunggal. 
 
Bagi Anda yang memiliki modal atau anggaran cukup besar, serta telah mengetahui atau akrab dengan investasi, Anda tentu bisa menerapkan sistem pembayaran premi tunggal untuk produk unit link yang Anda pilih. Pembayaran dengan sistem ini mengharuskan Anda melakukan pembayaran tepat di muka secara sekaligus. Uang premi yang dibayarkan berlaku untuk keseluruhan masa perlindungan yang telah disepakati. Hal inilah yang membuat dana yang disetorkan di awal sebagai premi asuransi terbilang besar jika dibandingkan dengan sistem pembayaran premi yang lain.
 
2. Unit link premi secara berkala. 
 
Sesuai namanya, asuransi jenis ini memungkinkan nasabah membayar premi secara berkala atau bertahap. Tahapan pembayarannya pun dapat disesuaikan yakni bisa dibayarkan per bulan, setiap tiga bulan sekali, ataupun per setahun sekali. Jika pembayaran premi tunggal cocok untuk nasabah yang sudah mapan, pembayaran premi secara berkala cocok untuk yang memiliki anggaran terbatas, khususnya nasabah dengan usia muda dengan risiko klaim asuransi yang lebih rendah.

Perlu dipahami bahwa dana investasi yang sudah disetor oleh nasabah tentunya tidak dapat diambil kembali dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian pada polis asuransi atau selama masa perlindungan berlangsung. Selain itu, nasabah juga tetap akan dikenakan dana potongan yang diberlakukan terhadap hasil investasi. Meski tidak besar, namun akan terasa jika imbal balik dari investasi yang dilakukan tidak membuahkan hasil.

Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk unit link, ada baiknya Anda mencermati lebih lanjut terkait ketentuan dari produk yang ditawarkan, serta memahami betul bagaimana sistem asuransi sekaligus investasi ini bekerja agar kelak Anda dapat memaksimalkan keuntungan yang diraih serta tidak merasa dibohongi dengan hasil yang didapat. Tentukan juga sistem pembayaran yang sesuai dengan kemampuan serta tujuan investasi agar tidak memberatkan Anda di kemudian hari.



Tidak ada komentar