RajaBackLink.com

Breaking News

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Mudah Dilakukan

 

Image : istockphoto.com

Daya tahan tubuh atau sistem imun mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Dengan daya tahan yang kuat, maka akan membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Tak salah jika daya tahan tubuh yang kuat merupakan cara paling utama atau benteng pertahanan pertama tubuh dari berbagai serangan kuman penyakit.

Tubuh Anda tidak akan menjadi sakit jika daya tahannya kuat, karena mampu mengalahkan berbagai kuman yang berusaha menyerang. Namun, kondisi daya tahan tubuh situ sendiri bisa berubah-ubah dan banyak faktor yang bisa mempengaruhi. Ketika daya tahan tubuh Anda berada pada posisi yang rendah, maka menjadi rentan terjangkit berbagai kuman penyakit.

Untuk itu, daya tahan tubuh perlu dipelihara agar selalu dalam kondisi yang prima sehingga membuat tubuh tetap dalam kondisi sehat. Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya melalui penerapan pola hidup yang sehat, juga bisa dibantu dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen. Anda bisa memilih Vitamin Imboost sebagai suplemen yang dapat membantu meningkatkan daya tahan atau sistem kekebalan dan metabolisme tubuh. Selain itu, Imboost juga bisa dikonsumsi untuk membantu proses penyembuhan. 

Menurut para ahli di bidang kesehatan dijelaskan bahwa kekebalan tubuh tidak berdiri sendiri, namun bekerja dalam sebuah sistem. Agar sistem imun dalam tubuh Anda bisa bekerja secara maksimal, maka perlu didukung dengan berbagai tindakan yang dilakukan secara teratur dan terus-menerus. Pastinya dengan upaya yang serius akan membuat daya tahan tubuh kuat sehingga Anda tak mudah terserang penyakit.

Lantas, tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Berikut ini setidaknya 7 cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda lakukan sehari-hari dengan mudah. Simak uraian selengkapnya!

1. Memenuhi kebutuhan makanan dengan gizi seimbang.

Makanan yang Anda konsumsi akan menentukan kualitas daya tahan tubuh. Untuk itu, Anda perlu makanan dengan kandungan gizi sesuai kebutuhan tubuh atau makanan dengan gizi seimbang. Sumber makanan ini bisa Anda dapatkan pada berbagai jenis makanan, misalnya beras dan gandum untuk mendapatkan karbohidat, daging, telur dan kacang-kacangan untuk memperoleh protein serta buah dan sayur untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral.

2. Olahraga secara teratur.

Beraktivitas dengan melakukan olahraga rutin menjadi salah satu cara mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak bisa dipungkiri jika aktivitas ini banyak manfaatnya bagi kesehatan, misalnya bisa mencegah berat badan berlebih, mencegah penyakit kardiovaskular, juga baik untuk kesehatan tulang dan sebagainya.

Dalam kaitannya dengan daya tahan tubuh, beberapa sumber menyebutkan jika olahraga dapat merangsang kerja antibodi dan sel-sel darah putih atau sel kekebalan tubuh yang berperan memerangi berbagai kuman penyakit. Dengan berolahraga secara teratur membuat sirkulasi sel darah putih dapat berjalan lebih lancar. Oleh karena itu, meski dalam masa pandemi ini lebih banyak berada di rumah, pastikan Anda bisa meluangkan waktu sekitar setengah jam cukup untuk berolahraga setiap hari.

3. Waktu istirahat yang cukup.

Mempunyai waktu istirahat yang cukup tak kalah pentingnya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Sementara untuk istirahat yang paling baik adalah dengan tidur. Bisa tidur dengan nyenyak akan merangsang sistem kekebalan tubuh menjadi prima, siap melawan berbagai kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

4. Menghindari stres.

Perasaan stres yang berlebihan hingga tak terkontrol bisa menjadi sumber timbulnya berbagai jenis penyakit. Ketika Anda stres, maka hormon kortisol akan banyak dihasilkan. Kondisi demikian pada akhirnya bisa menurunkan daya tahan tubuh. Untuk itu, hindari perasaan stress dengan melakukan tindakan yang bisa membuat suasana hati Anda lebih tenang, misalnya dengan berolahraga, menemui teman, berwisata, melakukan perawatan diri, dan lain-lain.

5. Menjauhi rokok.

Tentunya banyak orang yang setuju jika mempunyai kebiasaan merokok adalah tindakan yang buruk, karena akan merugikan bagi kesehatan tubuh. Selain itu, merokok juga dapat menurunkan daya tahan tubuh, karena rokok mengandung ribuan zat beracun yang bisa memicu terjadinya infeksi pada paru-paru.

Yang perlu dipahami, merokok bukan saja tidak baik bagi pelakunya namun juga bisa membahayakan bagi orang-orang tidak merokok di sekitarnya yang turut menghirup asapnya. Karena itu, jauhkan diri Anda dari rokok untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Menjemur diri.

Sinar matahari menjadi salah satu sumber vitamin D, yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, berjemur di bawah sinar matahari sangat berguna bagi kekebalan tubuh bila dilakukan dengan benar. Untuk berjemur disarankan agar dilakukan selama sekitar 15 menit, antara pukul 08.00-09.00 WIB atau 11.00-13.00 WIB, dan dilakukan dalam seminggu sebanyak 2-3 kali.

7. Mengonsumsi vitamin C lebih banyak.

Salah satu fungsi penting vitamin C adalah kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam kondisi tertentu, misalnya saat pergantian musim, Anda perlu mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin C tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh. Sumber vitamin C bisa diperoleh pada buah-buahan seperti jeruk, stroberi, jambu, papaya atau kiwi. Selain itu, vitamin C juga bisa diperoleh dari sayuran seperti bayam, tomat, brokoli, paprika, dan lain-lain.

Itulah 7 cara meningkatkan daya tahan tubuh yang mudah Anda lakukan sehari-hari di rumah. Selain itu tentu masih banyak lagi, misalnya dengan menjaga kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, imun tubuh menjadi hal yang sangat penting, maka jagalah agar daya tahan tubuh Anda tetap prima, sehingga Anda selalu sehat. 

 

 

Tidak ada komentar