Breaking News

Pentingnya Menjaga Pola Sarapan Pagi


 

Image  :  pixabay.com



Salah satu pemicu masalah kesehatan adalah tidak terpantaunya pola makan, terlebih sering melewatkan sarapan pagi. Anda tentunya tidak bisa terus menerus memanfaatkan premi asuransi kesehatan untuk menuntaskan masalah kesehatan akibat melewatkan sarapan pagi.

Seperti diketahui, sarapan pagi menjadi salah satu hal yang sangat penting sepadat apapun kegiatan Anda. Sumber nutrisi awal dalam berkegiatan bisa bersumber dari sarapan. Sekecil apapun menunya dapat menyokong energi untuk mengawali aktivitas yang padat.

Alasan kesibukan seringkali digunakan untuk menunda sarapan pagi. Sebagai gantinya sarapan dialihkan ke jam siang alias makan siang. Bila pola ini dibiarkan, akan menimbulkan beragam penyakit terutama penyakit perut. Lalu, seberapa pentingkah sarapan bagi tubuh? 
 
 
1. Menjaga Mood

Mood yang baik tidak jarang dapat mendorong produktivitas seseorang. Salah satu sumber mood adalah perut yang terisi. Berhubung Anda memulai aktivitas di pagi hari, maka sarapan jadi penentu mood apa yang akan mengiringi kegiatan Anda.

Sarapan setidaknya bisa menjaga mood Anda hingga siang menjelang. Tak harus mengonsumsi makanan berat, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat sekaligus serat yang cukup untuk menopang aktivitas sehari hari. Misalnya saja, oatmeal.


2. Menopang Nutrisi Tubuh

Sarapan juga bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk menopang nutrisi tubuh. Bayangkan berapa banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam menu sarapan yang Anda konsumsi. Tidak melihat sedikit banyaknya porsi sarapan yang Anda makan, melainkan nutrisi yang diberikannya untuk tubuh Anda.

Seperti diketahui, nutrisi dari menu sarapan tak hanya diserap oleh organ pencernaan, melainkan juga sel-sel lain di tubuh. Jika Anda terlalu sering melewatkan sarapan, tentunya bisa berdampak pada kondisi tubuh yang kurang nutrisi dan berdampak panjang pada masalah lainnya.


3. Menjaga Kinerja Sel dan Sistem Imun Tubuh

Sel sebagai unit terkecil di dalam tubuh juga memerlukan nutrisi untuk terus bekerja dan menopang kebutuhan organ lainnya. Tahukah Anda bahwa bahwa sumber nutrisi terbaik yang bisa diserap tubuh bersumber dari asupan makanan melalui sarapan?

Tidak hanya menopang kinerja sel dalam tubuh secara berkala, sarapan juga memiliki fungsi memperkuat sistem imun tubuh. Bagi Anda yang menyepelekan sarapan dan selalu merasa lesu, bisa jadi sistem imun tubuh Anda sedang terganggu.


4. Menjaga Kemampuan Sel Kognitif Otak

Terakhir, sarapan penting karena dapat menjaga kemampuan kognitif otak. Kemampuan kognitif ini berhubungan langsung dengan fokus dan berdampak langsung pada kecakapan dalam melakukan sesuatu.

Terbayang, bagaimana sulitnya berkonsentrasi dengan tenaga minim. Terlebih kemampuan kognitif menghilang hanya karena tidak mendapatkan nutrisi yang bersumber dari sarapan. Sarapan penting karena lagi-lagi jadi nutrisi pertama yang masuk ke tubuh sebelum beraktivitas.

Sebaiknya jangan sepelekan kesehatan dengan menunda sarapan. Bila tubuh sudah terasa tidak beres, maka segera perbaiki pola sarapan pagi. Perketat penjagaan kesehatan Anda dengan keikutsertaan asuransi kesehatan terbaik seperti pada produk unggulan dari My Protection. 
 
 
 

Tidak ada komentar