Breaking News

Bingung Memilih Mobil Keluaran Terbaru? 5 Tips Penting Ini Bisa Membantu Anda


 


Apakah Anda kini sedang berencana membeli mobil baru? Kalau memang betul begitu, pastinya Anda akan dibuat sedikit kebingungan. Bagaimana tidak, dari berbagai media yang memuat berita otomotif, Anda pasti tahu jika pada beberapa waktu terakhir ini banyak muncul penawaran berbagai mobil dengan model terbaru. Mobil terbaru keluaran dari berbagai produsen tersebut pastinya mempunyai keunggulan masing-masing yang bisa memikat konsumennya. Jadi, mana mobil yang akan Anda pilih, tentu perlu banyak pertimbangan.

Kondisi sekarang ini persaingan antar produsen otomotif memang sangat ketat. Siapa yang kuat akan mampu terus berkembang, sebaliknya bagi yang kalah bersaing akan ditinggalkan konsumen yang pada gilirannya akan mati. Sebagai bukti, Anda bisa melihat kondisi di dalam negeri sudah berapa produk otomotif dari jenis mobil yang dihentikan produksinya atau bahkan ada yang sampai menutup perwakilannya di Indonesia.

Harus diakui jika kebutuhan orang akan alat transportasi khususnya jenis mobil terus berkembang sesuai aktivitas dan mobilitas serta perkembangan zaman. Oleh karena itu, agar bisa terus dilirik konsumen wajib bagi produsen otomotif terus meningkatkan kualitas produknya dan mampu menghadirkan berbagai inovasi melalui berbagai fitur menarik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Tak kalah pentingnya bagi produsen mobil adalah untuk sering menyelenggarakan promo khususnya pada momen-momen tertentu, misalnya saat menyambut awal tahun baru seperti sekarang ini. Di tengah persaingan dunia otomotif yang ketat, promo bisa mengenalkan produk secara lebih dekat kepada konsumen sehingga bisa menggaet mereka atau calon pembeli yang pada gilirannya akan meningkatkan jumlah penjualan. 
 
 

 
 Lantas, Anda sebagai konsumen apa yang harus dipertimbangkan saat akan membeli mobil baru? Berikut ini setidaknya ada 5 tips penting yang bisa membantu Anda. Simak uraiannya!

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sebelum memutuskan membeli mobil baru sebaiknya Anda harus berpikir secara logis, jenis mobil apa sebenarnya yang mendesak Anda butuhkan saat ini. Hal ini penting agar nantinya Anda tidak menyesal karena keberadaan mobil baru tidak sesuai dengan kebutuhan. Di lain pihak mengingat juga karena mobil bukanlah termasuk barang yang murah. Jadi alangkah sayangnya kalau sudah mengeluarkan dana yang besar ternyata tidak bisa memenuhi kebutuhan.

Selain itu, kini penawaran mobil baru dengan berbagai model cukup banyak dan sangat menarik bagi konsumen. Untuk itu, ketika ingin membeli mobil pastikan jenis mobil yang Anda butuhkan atau menjadi prioritas. Jangan mudah tergiur terhadap sekedar fasilitas yang ditawarkan. Cukup banyak model mobil di pasaran saat ini, mulai dari city car, MPV (Multi Purpose Vehicle) sampai SUV (Sport Utility Vehicle) dan jenis lainnya.

2. Menyesuaikan budget.

Untuk menghindari kesulitan keuangan di belakang hari, pastinya saat membeli mobil baru Anda perlu menyesuaikan dengan kemampuan budget. Untuk itu, terlebih dahulu Anda bisa melakukan riset harga dan spesifikasi mobil model terbaru yang ada di pasaran saat ini. Dengan cara ini selanjutnya Anda bisa membuat daftar mobil lengkap beserta harga dan spesifikasinya. Data ini bermanfaat bagi Anda sebagai bahan berpikir dan memutuskan pembelian mobil baru.

Hal di atas penting Anda lakukan untuk menjamin kelancaran pembayaran, apalagi kalau Anda memilih cara pembelian secara kredit. Sudah barang tentu dengan cara kredit akan membebani keuangan Anda dalam jangka panjang. Untuk itu menyisihkan budget atau anggaran khusus untuk membeli mobil menjadi langkah kunci. Jadi, pastikan Anda bisa membeli mobil baru yang bisa memenuhi kebutuhan sesuai kemampuan budget Anda.

3. Memilih mobil yang nyaman dan aman.

Mobil sebagai alat transportasi yang akan digunakan sehari-hari, tentunya sangat penting untuk memastikan kenyamanannya sebelum ingin Anda beli. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan, misalnya akses masuk ke dalam kabin, kemudahan pengaturan jok, luas pandangan dari dalam dan sebagainya. Untuk itu, Anda perlu pengalaman langsung melalui test drive.

Juga perlunya Anda periksa fitur-fitur yang tersedia, fitur yang lengkap tentunya semakin memberikan kenyamanan. Namun, yang lebih penting pastikan adanya fitur itu cukup bermanfaat dan bisa membantu saat mengemudi serta mudah mengoperasikannya.

Selain itu, faktor keamanan juga perlu menjadi pertimbangan karena Anda tentunya tak ingin mobil Anda mudah dicuri. Untuk itu perhatikan fitur keamanannya, sebaiknya hindari memilih model yang tak memiliki sistem keamanan yang memadai.

4. Memilih jenis mobil yang hemat.

Dalam kondisi ekonomi yang sedang sulit karena pandemi covid-19 seperti sekarang ini tak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk memilih jenis mobil yang hemat. Mobil yang hemat bisa dilihat dari sisi biaya operasional sehari-hari maupun biaya perawatannya. Dengan cara ini tentunya akan meringankan beban keuangan Anda.

Untuk itu, Anda perlu memahami karakteristik jenis mobil yang akan Anda beli. Anda bisa melakukan konsultasi dengan tenaga marketing atau orang yang paham tentang otomotif. Cara lain, Anda cari informasi dari orang yang telah menggunakan mobil yang Anda inginkan, atau bisa memanfaatkan forum-forum yang ada.

5. Membeli pada saat yang tepat.

Bisa mendapatkan mobil sesuai kebutuhan dengan harga yang murah tentu menjadi impian semua orang. Untuk itu beberapa upaya bisa Anda lakukan, misalnya membeli mobil saat momen-momen tertentu untuk mendapatkan penawaran yang menarik. Tak jarang ada promo penjualan mobil saat menyambut tahun baru, lebaran, hari Kemerdekaan atau hari-hari istimewa lainnya. Anda bisa mencoba membeli mobil saat-saat yang tepat tersebut, siapa tahu rezeki ada pada Anda.

Itulah beberapa tips penting bagi Anda yang berencana membeli mobil baru. Ingin mendapat informasi tentang mobil lebih banyak lagi? Nah, untuk yang mau mendapatkan berita otomotif roda empat terupdate bisa kunjungi Artikel Garasi.id.

Semoga bermanfaat!



Tidak ada komentar