Breaking News

Awas, Jangan Asal Pilih! Ketahui Macam-Macam Tinta Printer

 


Salah satu faktor penentu kualitas cetak sebuah foto/gambar ataupun dokumen adalah penggunaan jenis tinta printer. Hingga detik ini, sudah ada ratusan merek tinta printer yang direkomendasikan untuk mendukung kinerja printer hemat tinta. Dengan menggunakan tinta printer berkualitas, Anda sudah berupaya mendukung kinerja mesin printer yang baru Anda dapatkan dari laman berikut https://www.brother.co.id/id-id/products/all-printers/printer?fr=inksaving.


Mengenal Berbagai Macam Tinta Printer

Percaya atau tidak, sebuah tinta memiliki peran penting dalam menentukan besar kecilnya biaya operasional yang Anda keluarkan ketika harus mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Untuk itu, Anda harus cerdas dalam memilih jenis tinta printer. Sebab selain berimbas pada keborosan, kesalahan dalam memilih jenis tinta printer bisa berakibat pada tidak maksimalnya kinerja printer hingga menghasilkan cetakan yang kurang memuaskan.

Berikut adalah beberapa jenis tinta yang bisa Anda jadikan pilihan terbaik untuk printer kesayangan Anda di rumah.

1. Tinta printer pigmen

Salah satu jenis tinta printer yang bisa Anda manfaatkan adalah tinta printer pigmen. Tinta ini akan menghasilkan cetakan gambar serta tulisan yang sangat tajam. Hal ini tidak lepas dari bahan dasar pembuatannya yang berasal dari air. Sehingga, tekstur tintanya sangat pekat dan tahan air. Meski begitu, tinta ini tidak memiliki usia penyimpanan yang panjang. Jadi, pastikan untuk tidak membiarkan tinta ini tidak terpakai dalam waktu lama, karena bisa menyebabkan penyumbatan pada bagian head cartridge.

2. Tinta printer dye base

Jenis tinta printer selanjutnya adalah tinta printer dye base yang dibuat dari bahan colorant (pewarna) dan air. Keunggulan dari jenis tinta ini terletak pada harganya yang sangat terjangkau dan kualitas cetak yang memukau. Selain itu, tinta yang kerap kali digunakan untuk jenis printer standard ini juga bisa menghasilkan warna sangat yang cerah. Sayangnya, hasil cetakan jenis tinta ini tidak tahan air dan pastinya gampang luntur.

3. Tinta print solvent

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis tinta lain, tinta print solvent memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap sinar matahari dan air. Kabarnya, tinta ini dibuat dengan memanfaatkan jenis cat duco yang dicampurkan dengan berbagai bahan berkualitas lain. Seringkali, jenis tinta ini digunakan untuk proses mencetak spanduk, neonbox, hingga banner. Meski punya kemampuan cetak yang mengagumkan, tinta ini ternyata menghasilkan aroma yang sangat menyengat.

4. Tinta printer sublimation

Untuk Anda yang memiliki usaha sablon, pastinya Anda tidak asing dengan jenis tinta satu ini. Sublimation ink adalah jenis tinta yang dibuat dari bahan seperti pewarna, minyak, diluents, dan beberapa bahan lainnya. Tinta ini memberikan hasil cetakan yang tajam serta tahan dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa jenis tinta printer yang sering kali digunakan oleh masyarakat. Setiap jenis tinta memiliki fungsi masing-masing, sehingga Anda harus cerdas dalam menentukan jenis tinta untuk printer Anda. Jadi, jangan salah pilih agarAnda tidak menyesal, ya. 
 
 
 
 

Tidak ada komentar