Breaking News

Penjelasan Manfaat Asuransi Mobil Secara Umum dan Khusus

  Penjelasan Manfaat Asuransi Mobil secara Umuum dan Khusus (Torque.com)


Asuransi atau insurance secara dapat diartikan sebagai perjanjian dua pihak yang terdiri dari perusahaan penyedia jasa dengan badan usaha atau perorangan. Jenisnya sangat beragam, dan salah satu yang perlu dilirik adalah asuransi mobil. Selain tersedia dalam beberapa pilihan, manfaat asuransi mobil pun terbilang cukup banyak. Namun, pastikan melakukan beberapa pertimbangan terlebih dahulu, sebelum bergabung dengan perusahaan asuransi.

Karena saat ini, mobil tak lagi terasa sebagai barang tersier atau barang mewah. Dengan beragam kemudahan yang tersedia, masyarakat dapat mewujudkan keinginan untuk memiliki mobil impian. Namun sebelum membeli, pastikan sudah mempertimbangkan tentang budget, kebutuhan, perawatan, serta keamanan. Tidak hanya fitur keamanan yang tersedia di dalam mobil, tetapi juga pertanggungan kerugian.

Di Indonesia, pertanggungan atau asuransi mobil belum terlalu tenar. Sebagian besar justru menganggap, hal ini seolah sia-sia. Wajar, karena premi dan biaya asuransi harus dibayarkan setiap bulan dengan besaran yang sudah disepakati. Sedangkan kegunaannya tidak dapat langsung dirasakan (pencairan dana) oleh pemegang polis. Lantas, apa sebenarnya manfaat asuransi mobil yang bisa didapatkan? 



Manfaat Asuransi Mobil Secara Umum dan Khusus 



Manfaat Asuransi Mobil Secara Umum dan Khusus  (Express.co.uk)


Untuk mendapatkan manfaat asuransi mobil yang lebih besar, pemilik kendaraan dapat melakukan perluasan asuransi. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi mobil dari hal-hal yang tidak diinginkan, yang tidak dapat ditanggung oleh kedua jenis asuransi di atas. Seperti banjir, gempa bumi, tsunami, kerusuhan, sabotase, maupun terorisme.  (

Apapun jenis asuransi yang dipilih, hal tersebut merupakan tindakan yang sangat cerdas dan tepat. Karena melindungi mobil dari segala kemungkinan, sama saja dengan menjaga aset yang dimiliki. Nah, berikut ini adalah manfaat asuransi mobil yang bisa didapatkan :

1. Memberikan Rasa Tenang

Manusia tidak akan pernah tahu, apa yang terjadi di depan sana. Dengan adanya asuransi, pemilik dan pengguna dapat berkendara dengan tenang. Manfaat asuransi mobil ini akan sangat terasa, bagi pemilik yang kurang sigap dengan segala kemungkinan.

2. Sebagai Tabungan dan Investasi

Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak yang memiliki masa kontrak. Jika masa kontrak tersebut telah berakhir dan uang premi belum terpakai, maka pemegang polis akan mendapatkan pengembalian dana. Namun, hal ini juga tergantung pada perjanjian yang disepakati.

3. Meminimalisir Kerugian

Fungsi asuransi secara umum adalah untuk membantu pemegang polis untuk meminimalisir kerugian. Misalnya, tiba-tiba mengalami kecelakaan di perjalanan. Mobil ringsek, pengendara dirawat di rumah sakit. Secara logika, pengeluaran yang dibutuhkan pasti sangatlah besar. Namun, akan berbeda cerita jika orang tersebut mengikuti asuransi, baik asuransi jiwa maupun kendaraan.

4. Keuangan Lebih Rapi

Dengan adanya kewajiban untuk membayar premi di setiap bulan, maka secara tidak langsung pemegang polis harus menyisihkan penghasilan. Untuk menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran, maka pemilik akan berusaha untuk mengatur keuangan agar lebih rapi dan tertata. 


Pertimbangan Sebelum Memilih Asuransi Mobil  



Pertimbangan Sebelum Memilih Asuransi Mobil (Eleva.co)


Siapa sangka, jika ternyata manfaat asuransi mobil sangat banyak. Sebagai pemilik kendaraan, harus melek tentang hal-hal seperti ini. Tentu tidak mau bukan, jika budget yang sudah dikeluarkan untuk membeli mobil impian, harus berakhir sia-sia? Beberapa peristiwa memang di luar kendali, tetapi manusia memiliki kesempatan untuk berusaha melindungi. Namun, jangan asal pilih asuransi. Setidaknya, pertimbangkan beberapa hal berikut ini :

1. Pahami Sistem dengan Baik

Dalam dunia asuransi, ada beberapa sistem yang tersedia. Seperti cashless atau tanpa tunai, dan reimburse atau penggantian. Dua sistem tersebut memiliki aturan yang berbeda. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu tentang sistem dan manfaat asuransi mobil yang akan didapatkan.

2. Rekanan yang Berkualitas

Pihak asuransi pasti melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan layanan terhadap pemegang polis. Oleh karena itu, tanyakan rekanan yang mereka miliki dan pastikan daftar tersebut merupakan tempat-tempat yang berkualitas.

3. Sesuaikan Besaran Premi

Premi sangat menentukan besarnya pengeluaran yang harus ditanggung pemegang polis. Sebelum bergabung, pastikan pendapatan dapat mengcover segala biaya yang dibutuhkan. Jangan sampai anggaran membengkak dan membuat kondisi keuangan menjadi tidak sehat.

4. Reputasi Perusahaan

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah reputasi dan rekam jejak perusahaan asuransi. Jangan tergiur dengan iming-iming yang besar, tetapi tidak masuk akal. Sudah banyak yang menelan kekecewaan, jangan sampai menjadi salah satu dari mereka. 


Jenis Asuransi Mobil yang Bisa Dipilih
 

Jenis Asuransi Mobil yang Bisa Dipilih (Proof-carcam.com)


Untuk mendapatkan manfaat asuransi mobil secara maksimal, selain pertimbangan yang matang nasabah juga harus memilih jenis asuransi mobil yang tepat. Berikut ini adalah 2 jenis asuransi yang bisa dipilih.

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Yaitu jenis asuransi yang memberikan pertanggungan, jika pemegang polis kehilangan mobil secara keseluruhan. Ini berarti pemilik kendaraan bisa mengajukan klaim, hanya jika kendaraan hilang/dicuri atau kecelakaan yang menyebabkan kerusakan minimal 75%. Jika kerusakan tidak mencapai patokan tersebut, maka ganti rugi tidak bisa diharapkan. Keunggulan dari asuransi ini adalah premi yang harus dibayarkan relatif lebih rendah.

2. Asuransi Comprehensive atau All Risk

Yaitu jenis asuransi yang memberikan pertanggungan untuk segala jenis kerugian. Baik karena kecelakaan, pencurian, maupun hanya berupa kerusakan. Bahkan, hanya lecet sedikit saja, pemegang polis dapat mengajukan klaim ke perusahaan. Benar-benar sangat menguntungkan, tetapi dibalik itu, premi yang harus dibayarkan pun lebih tinggi daripada asuransi TLO.

Agar dapat merasakan manfaat asuransi mobil secara maksimal, pilih perusahaan yang pasti-pasti saja, seperti Adira maupun Sinarmas. Rekam jejak kedua perusahaan ini sudah dibuktikan dengan banyaknya pemegang polis yang bergabung. Dengan memilih perusahaan yang terpercaya, manfaat asuransi mobil bisa dirasakan dengan optimal.

Untuk informasi lebih lanjut perihal asuransi mobil maupun keuangan lainnya, Anda bisa mengunjungi portal informasi keuangan CekAja.com. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran lebih baik seputar asuransi mobil. https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/




Tidak ada komentar