Breaking News

4 Kegiatan Produktif Pilihan untuk Mengisi Hari Libur



Saat hari Minggu tiba boleh saja pekerjaan atau aktivitas rutin libur, tetapi akan lebih baik kalau Anda tetap melakukan hal yang bermanfaat, misalnya membaca buku atau mencari berita dan informasi penting lainnya untuk menambah wawasan agar tak tertinggal dengan kemajuan perkembangan zaman. Toh, sekarang mudah sekali untuk mendapatkan informasi apapun karena hadirnya internet.

Sangat sayang kalau hari libur hanya kita habiskan dengan bermalas-malasan. Misalnya dengan bangun tidur sengaja sampai siang hari, hanya duduk-duduk santai di sofa seharian sambil merokok atau menonton televisi, asyik tilpon sana-sini atau memainkan handphone tanpa ada hal yang penting hingga urusan makan pun pesan lewat jasa antaran.

Itu semua bisa jadi merupakan tindakan yang kurang bijak dalam memanfaatkan waktu libur yang sebenarnya bisa kita isi dengan berbagai kegitan yang lebih produktif. Pastinya kalau ini bisa dilakukan akan membawa dampak positif bagi model gaya hidup kita.

Apa saja yang bisa dilakukan mengisi hari libur? Berikut ini 5 kegiatan produktif yang bisa dilakukan agar hari libur Anda lebih bermanfaat. Simak uraiannya!

1. Menyalurkan hobi yang bermanfaat.

Hari Minggu menjadi hari libur yang biasanya dinantikan banyak orang untuk menyalurkan hobi. Khususnya bagi para ibu, pastinya melakukan memasak sendiri di rumah bisa jadi pilihan untuk mengisi hari libur ini. Pastinya banyak para ibu yang mempunyai hobi satu ini, apakah Anda termasuk juga?

Nah, jika Anda punya hobi memasak, maka kini saat yang tepat untuk mencoba resep masakan baru. Kali ini Anda para pecinta mie bisa mencoba resep spaghetti carbonara chef juna, salah satu resep masakan mie asal Italia. Ini bisa menjadi menu yang wajib Anda coba untuk sajian khusus di hari libur Minggu Anda.

Apabila selama ini Anda tidak memiliki waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi, manfaatkan momen hari libur Minggu ini untuk melakukannya. Hobi seringkali memerlukan waktu yang banyak, oleh karenanya waktu luang di hari Minggu ini adalah waktu yang pas untuk melakukan hobi kesukaan Anda.

2. Berolahraga bersama keluarga

Sangat bijak jika Anda mau menyisihkan waktu sejenak dalam sehari di hari libur Minggu untuk berolahraga bersama keluarga. Melakukan olahraga bersama keluarga walaupun hanya sebentar bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan menguatkan sistem imun. Disamping itu juga bisa Anda manfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan keluarga Anda.

Untuk itu Anda bisa memilih jenis olahraga di luar ruangan yang ringan, misalnya jalan santai. Anda bisa melakukan di lapangan terbuka yang mempunyai kondisi udara segar atau tidak perlu jauh-jauh bisa memanfaatkan tempat terbuka di sekitar tempat tinggal Anda. Tentunya olahraga pagi dengan udara segar bersama keluarga akan lebih seru.

3. Membersihkan rumah secara mendetail

Seringkali Anda menunda-nunda untuk membersihkan rumah secara mendetail karena tidak adanya waktu yang cukup. Hari-hari biasa saat tidak libur biasanya membersihkan rumah hanya pada tempat-tempat yang pokok atau nampak menonjol. Oleh karenanya, waktu hari libur merupakan saat yang tepat untuk melakukan itu.

Anda bisa memulai dengan membersihkan debu-debu yang menempel pada perabotan, pernak-pernik rumah hingga plafon rumah Anda. Mengganti seprei kasur Anda agar bakteri, jamur atau tungau tidak dapat tumbuh yang bisa membuat Anda sakit. Bersihkan juga kamar mandi agar tidak menjadi tempat yang lembab, subur bagi tumbuhnya lumut serta tempat-tempat kotor lainnya. Dengan demikian pastinya membuat rumah Anda menjadi bersih dan sehat sehingga lebih nyaman untuk ditempati.

4. Memperbaiki peralatan rumah

Pastinya tidak semua barang perlengkapan rumah bisa Anda perbaiki sendiri, namun adakalanya ada barang-barang tertentu yang Anda mampu untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, tak ada salahnya waktu luang di hari libur Anda manfaatkan untuk memperbaiki barang tersebut.

Dengan demikian, waktu luang yang banyak di hari libur bisa bermanfaat untuk belajar memperbaiki barang sendiri sekaligus untuk melatih keterampilan tangan. Bila ini bisa Anda lakukan tentu Anda juga bisa menghemat pengeluaran daripada membeli barang yang baru.

Itulah beberapa ide kegiatan bermanfaat dan produktif untuk mengisi waktu luang Anda di hari libur secara baik. Orang yang bijak, pastinya akan mempergunakan setiap kesempatan yang ada untuk melakukan aktivitas yang positif dan berguna. Anda sudah ada rencana untuk mengisi hari libur nanti?



Tidak ada komentar