Breaking News

Khasiat Tersembunyi Jahe yang Mulai Terkuak


Mau tahu, berapa harga jahe merah sekarang? Tak ada yang menyangka sebelumnya kalau saat ini harganya sudah mencapai lebih dari seratus ribu rupiah per kilonya. Pada hal sebelumnya harga salah satu jenis rempah ini hanya berkisar puluhan ribu rupiah, artinya ini sudah mengalami kenaikan puluhan kali lipat.

Tak pelak lagi perubahan harga jahe merah yang cukup tajam ini membuat komoditi satu ini menjadi primadona baru di pasaran. Tak jarang stok barangnya tak ada di pasaran karena permintaan yang tinggi, sementara pasokan semakin menipis. Kalupun masih tersedia, pembeli tak bisa lagi pilih-pilih karena barangnya sangat terbatas, dan bisa jadi harganya lebih mahal lagi.

Apa penyebab harga jahe, khususnya jenis jahe merah ini melonjak drastis? Ini tak lepas dari santernya info yang beredar bahwa jahe merah bisa dijadikan sebagai obat yang ampuh untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Seperti kita ketahui, wabah virus corona saat ini cukup menggemparkan dunia, karena diketahui serangan penyakit ini cukup berbahaya, serta penularan dan penyebarannya cepat sekali. Tak heran jika virus corona saat ini menjadi momok seluruh negara di dunia.

Kalau memang benar jahe merah bisa dijadikan sebagai obat pencegah dari serangan virus corona, bisa jadi ini adalah khasiat lain dari jahe merah yang selama ini masih tersembunyi, belum ada orang yang mengetahui sebelumnya. Selama ini publik mengetahui jika jahe atau jahe merah bermanfaat untuk berbagai keperluan, misalnya untuk kesehatan, bisa mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, membantu proses detoksifikasi, mencegah penyakit kulit dan sebagainya. Juga bisa untuk dijadikan campuran bumbu untuk menyedapkan masakan serta untuk minuman yang hangat dan menyegarkan.

Apa sebenarnya yang ada pada jahe? Sejak beredar info bahwa jahe merah ampuh untuk mencegah corona dan sejak diumumkannya dua WNI yang positif corona, maka menarik banyak orang untuk mengetahui lebih dekat tentang jenis rempah satu ini. Berikut beberapa fakta tentang jahe yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Asal tanaman jahe

Ternyata jahe bukan tanaman asli Indonesia, tetapi berasal dari India dan Cina. Akar jahe banyak digunakan untuk keperluan memasak dan bahan obat. Pentingnya jahe sudah diketahui sejak lama, pada abad ke-9 di Eropa, jahe disajikan di meja makan bersama garam dan merica.

2. Persebaran geografi 

 
Pemanfaatan jahe sudah umum dilakukan di berbagai negara di di seluruh dunia. Tanaman jahe bisa tumbuh hingga mencapai tinggi lebih dari 1 meter. Jahe tumbuh baik di iklim tropis dan subtropis. Sebagai negara produsen terbesar jahe adalah Cina, kemudian disusul oleh India, Indonesia, dan Nigeria.

3. Fitur

Jahe memiliki rasa pedas dan akan berkurang seiring tanaman semakin tua. Jahe juga bisa menghasilkan minyak esensial yang memberikan aroma jehe yang khas. Akar jahe muda lembab dan berdaging, sedangkan akar yang matang umumnya kering dan berserat.

4. Jenis jahe

Jenis yang lagi popular saat ini adalah jenis jahe merah. Jahe merah tidak dijadikan sebagai rempah-rempah untuk bumbu masakan, namun lebih berfungsi untuk pengobatan. Salah satunya banyak digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, maka tak heran jika jenis jahe ini banyak diburu saat munculnya virus corona seperti saat ini.

Selain itu, ada jahe putih yang terkenal banyak digunakan sebagai bumbu masak. Namun demikian, jahe putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan, misalnya untuk membantu memerangi peradangan pada tubuh, meningkatkan fungsi otak, meredakan flu dan batuk serta penyakit lainnya 



5. Aneka manfaat jahe

Sudah bukan rahasia umum jika jahe memiliki berbagai manfaat bagi manusia. Manfaat itu tidak hanya untuk kesehatan, namun juga untuk makanan dan minuman. Untuk kegunaan kuliner, jahe digunakan untuk berbagai resep makanan. Jahe juga digunakan dalam berbagai minuman, misalnya teh jahe, juga bisa ditambahkan ke kopi, bahkan untuk kue jahe hingga es krim jahe. Lain tempat lain pemanfaatan jahe, maka tentu masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Nah, itulah seluk beluk jahe yang lagi popular saat ini. Tak ada ruginya Anda perlu tahu karena manfaatnya yang banyak, siapa tahu Anda sedang membutuhkan. Jika di pasar-pasar sulit didapat, tak ada salahnya Anda mengunjungi blibli.com untuk membelinya secara online yang lebih praktis.




Tidak ada komentar