Breaking News

Waspada! Aksi Pencurian Kian Marak Ditengah “Booming” Penggunaan Motor oleh Masyarakat

Tak terbantahkan jika Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penjualan sepeda motor terbanyak di dunia. Potensi pasar sepeda motor di dalam negeri memang sangat besar. Menurut data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) selama tahun 2019 lebih dari 6 juta sepeda motor berhasil terjual.

Keberhasilan tersebut tentu tak terlepas dari adanya dukungan iklim usaha yang dihadirkan pemerintah dan berbagai penawaran menarik dari pelaku pasar sepeda motor kepada konsumen. Hal ini harus kita akui dan Anda pun bisa merasakan, bagaimana untuk memiliki sepeda motor sekarang, mudah bukan? Jika tak cukup punya dana cash, Anda bisa mengajukan kredit motor dengan cara dan persyaratan yang mudah kepada perusahaan pembiayaan atau situs online, seperti moladin untuk mewujudkan keinginan Anda. 



Banyaknya kemudahan untuk memiliki sepeda motor tersebut, tak pelak lagi jika di tengah masyarakat kita saat ini sedang terjadi booming penggunaan jenis kendaraan satu ini. Beragam profesi, aktivitas, lapisan masyarakat, seperti pegawai negeri, karyawan swasta, buruh, petani, pedagang, laki-laki, perempuan, tua dan muda semua memanfaatkan sepeda motor. Tak heran jika sekarang motor cukup mendominasi lalu lintas di jalan, baik di kota maupun di daerah pedesaan.

Setiap situasi tentu ada dampaknya, begitupun saat penggunaan motor jadi tren di masyarakat, ada saja tangan-tangan yang tak bertanggung jawab ikut beraksi. Anda tentu sering mendengar tindakan kriminal pencurian motor. Ini yang saat sekarang lagi marak, oleh karenanya Anda perlu waspada, jangan lengah untuk menjaga keamanan motor Anda sendiri.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan motor kesayangan Anda, yaitu diantaranya :

1. Biasakan parkir di tempat yang resmi

Tempat yang resmi tentu lebih terjamin keamanannya karena mempunyai aturan yang jelas. Misalnya, ada petugas yang menjaga, ada karcisnya, saat keluar dicek STNK nya dan sebagainya.

2. Usahakan parkir dalam jangkauan kamera CCTV

Pencuri zaman sekarang juga cukup professional, salah satunya dia akan menghindar dari sorotan kamera CCTV. Oleh karenanya dengan memarkir motor dalam radius jangkauan CCTV tentu kemungkinan lebih aman.

3. Fungsikan sarana keamanan yang ada pada motor.

Sebetulnya produsen motor juga sudah membekali sarana untuk keamanan motor itu sendiri. Oleh karenanya jangan lupa untuk difungsikan sarana tersebut, misalnya : kunci stang, fitur SKS (Secure Key System), fitur standart samping otomatis (Stand Switch System), manfaatkan engine cut-off, aktifkan alarm dan sebagainya.

Disamping itu jangan lupa untuk mencabut kunci stater, masukan barang kelengkapan berkendara dalam bagasi dan jangan menaruh barang berharga di motor.

4. Pasang alat pengaman tambahan

Jika dipandang perlu, Anda bisa memasang alat pengaman tambahan, misalnya : kunci ganda dipasang di lubang piringan rem cakram atau standart tengah, saklar rahasia atau alat lainnya.

5. Pasang tanda pengenal khusus

Sebagai tanda pengenal khusus tentu hanya Anda yang akan lebih mengenalnya, misalnya bisa berupa stiker. Juga bisa cover motor untuk mengurangi perhatian maling akan pencuri.

6. Asuransikan sepeda motor

Asuransi merupakan tindakan untuk menekan kerugian jika motor hilang dicuri, yaitu dengan melakukan klaim kepada perusahaan asuransi sesuai kesepatakan yang telah dibuat bersama.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan motor yang sekarang ini lagi marak. Tentu mencegah adalah tindakan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!



Tidak ada komentar