Breaking News

Jual Tanah : Bisnis dengan Keuntungan Menggiurkan, Perhatikan 5 Hal ini Agar Cepat Laku




Investasi di bidang properti menjadi pilihan banyak orang, karena memang ada peluang yang besar bisa mendatangkan keuntungan berlipat. Bagaimana tidak, harga properti yang tak pernah turun, bahkan terus meningkat bisa berkali-kali lipat dalam jangka tertentu, membuat siapa saja akan tergiur untuk berbisnis properti. Salah satunya yang kini sedang tren adalah dengan jual tanah, bisa tanah biasa ataupun dalam bentuk kavling.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan tanah untuk tempat tinggal, jenis properti satu ini memang tengah menjadi buruan masyarakat, tidak hanya masyarakat biasa, tanah juga menjadi buruan para pengembang perumahan dan investor. Tentu sudah sewajarnya sesuai hukum ekonomi, dengan semakin meningkatnya permintaan sementara persediaan terbatas membuat harga tanah terus meningkat, bahkan seolah tak terkendali.

Apalagi kalau kita bicara untuk wilayah Ibukota Jakarta, sulit sekali untuk mendapatkan tanah pada saat sekarang, karena semakin sedikitnya lahan kosong yang tersedia di perkotaan. Tak heran jika kondisi ini membuat banyak orang harus berlomba untuk bisa mendapatkan sebidang tanah.

Sudah barang tentu, kebutuhan tanah menjadi hal yang pokok dalam mendirikan bangunan apapun peruntukannya. Bagi masyarakat atau pengembang, tanah tentu akan banyak dimanfaatkan untuk membangun tempat tinggal atau kompleks perumahan. Bagi masyarakat tertentu bisa juga sengaja untuk bagunan sewa rumah sebagai bentuk usaha yang mempunyai prospek cukup bagus.

Memanfaatkan tanah untuk mendirikan bangunan dengan tujuan disewakan tentu merupakan ide yang cerdas. Di tengah harga tanah yang mahal, sementara keperluan tempat tinggal sangat mendesak, jelas usaha ini tak akan sepi dari peminat. Kini usaha ini sedang menjamur, di Jakarta Anda tidak akan sulit untuk mendapatkannya. Bagi Anda yang menginginkan tinggal di sekitar wilayah selatan Ibukota, Anda bisa menghubungi rumah disewakan di Jakarta Selatan. Di sini Anda akan menemukan solusi masalah tempat tinggal yang sedang Anda hadapi.

Begitulah pentingnya masalah tanah dengan segala seluk-beluknya pada kondisi sekarang ini. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin menjual tanah, maka sekarang ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya.

Bagaimana cara menjual tanah agar cepat laku?

Meski tanah menjadi barang buruan banyak orang, namun tetap saja ada prosedur yang harus Anda lakukan. Hal ini tidak terlepas dari adanya hukum yang mengatur soal tanah. Ketaatan Anda mengikuti prosedur tentu akan menjamin kepastian hukum tanah itu sendiri, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Hal ini sangat penting baik bagi penjual maupun pembeli tanah. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memasarkan tanah, di antaranya : 

1. Dokumen dan kelengkapan tanah

Menjual properti apapun bentuknya, baik itu tanah, rumah, apartemen, dan lain-lain, Anda wajib menyiapkan dokumen-dokumen yang dapat menunjukkan hak kepemilikan properti tersebut. Untuk bidang tanah yang akan dijual, Anda perlu melengkapi dengan patok yang membatasi dengan bidang tanah lain di sekitarnya secara jelas. Hal ini bermanfaat dalam mempermudah proses sertifikat tanah. 

2. Tetapkan harga yang wajar

Pembeli tanah pasti juga sudah survey soal harga, maka sebaiknya Anda tetapkan harga yang wajar terhadap tanah yang akan dijual agar cepat laku. Harga yang terlampau tinggi sering kali membuat calon pembeli kabur, bahkan sebelum melihat tanah tersebut.

Untuk mendapatkan harga jual yang wajar, Anda bisa menghitung dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah di kawasan tersebut, yang bisa Anda temukan pada lembar tagihan PBB-nya. Biasanya nilai NJOP sendiri merupakan harga jual terendah, jika merujuk pada kebiasaan penjual pada umumnya, harga jual tanah biasanya 2-3 kali lipat dari NJOP. 

3. Memberi informasi plus minus tanah

Biasanya pembeli akan menanyakan tentang apa kelebihan dan kekurangan dari tanah yang mau dibelinya. Oleh sebab itu, sebagai penjual Anda wajib memberi info yang lengkap tentang hal tersebut, agar calon pembeli puas dan berminat. 

4. Melakukan promosi

Di zaman sekarang dengan kemajuan teknologi informasi yang canggih, promosi menjadi hal yang mutlak perlu dilakukan. Jangan harap tanah bisa cepat terjual apabila Anda tidak melakukan promosi. Memang ada cara promosi sederhana yang bisa Anda lakukan dengan membuat plang atau banner di dalam lahan, namun tentu kurang efektif. Cara yang lebih efektif adalah dengan memanfaatkan internet melalui pembuatan web sendiri atau memanfaatkan situs-situs lain yang bertebaran dan sudah eksis di internet.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menjual tanah agar cepat laku. Bagaimana, apakah Anda saat ini sedang mencari tanah? Nah, jika benar demikian tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi situs www.sewa-rumah.net, siapa tahu sedang jodoh, sehingga di sini Anda mendapatkan yang Anda cari.





Tidak ada komentar