Breaking News

Kenali Ciri-Ciri Kanker Paru-paru Berikut




Paru-paru merupakan organ terpenting manusia untuk hidup. Organi inilah yang berperan dalam sirkulasi oksigen yang masuk dan keluar. Menjaganya dari penyakit berbahaya seperti kanker adalah hal yang penting. Berikut ciri-ciri kanker paru-paru yang patut untuk diperhatikan

Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang sangat mematikan. WHO mencatat sekitarnya ada 1,7 juta kematian yang disebabkan oleh penyakit ini. Pendeteksian secara dini mengenai ciri dan gejala dari kanker paru-paru kadang menjadi faktor tingginya kematian pengidapnya. Pendeteksian penyakit kanker ini seringkali juga disalahartikan dengan penyakit lain dikarenakan gejala yang ditimbulkannya mirip.

Untuk mendiagnosis seseorang terkena kanker paru-paru dapat dilakukan melalui uji foto Rontgen, biopsi jaringan paru dan CT scan. Pemeriksaan tersebut untuk menentukan sampai stadium dari kanker paru-paru serta jenisnya. Mengenali ciri dan gejala kanker ini sangat lah penting dan kerapkali diabaikan. Berikut ciri-ciri dan kanker paru-paru yang patut di Anda perhatikan.

1. Batuk terus menerus

Bila Anda mengalami batuk yang terus menerus dan sulit dihentikan, patut dicurigai ada sesuatu yang terjadi pada paru-paru. Ditambah sudah lebih dari dua minggu batuk tidak juga berhenti. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena batuk yang berlanjut selalu menjadi ciri awal dari kanker paru.

2. Sering sesak nafas

Jika sering sesak nafas apalagi ketika sedang beraktivitas normal, sebaiknya periksakan kesehatan paru-paru Anda. Ketika dulu beraktivitas secara normal pernapasan normal dan biasa-biasa saja, lalu kemudian tiba-tiba aliran oksigen seolah terbatas dan membuat sesak, ada indikasi paru-paru Anda bermasalah.

3. Batuk yang disertai darah

Segeralah periksakan lebih lanjut jika batuk yang Anda alami sudah keluar darah. Keluarnya darah menandakan batuk yang dialami sudah mencapai tahap kronis.

4. Rasa sakit pada dada

Tumor kanker paru yang muncul di tengah paru tidak seringkali tidak menyebabkan rasa sakit, Namun ada beberapa jenis kanker paru yang terjadi di bagian luar paru dan dinding dada. Adanya tumor pada area tersebut dapat menyebabkan rasa sakit. Gejala sakitnya dapat dirasakan pada bagian dada, bahu, hingga punggung. Nyeri dada dan rasa tidak nyaman pada area dada mungkin disebabkan kelenjar getah bening pada dada, rusuk atau pleura (lapisan di sekitar paru).

5. Suara berubah dan terdengar tarikan nafas yang berat

Perubahan tiba-tiba pada suara dan serak bisa menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada paru-paru Anda. Kadang karena akibat dari kanker paru, terjadi peradangan pada bagian tenggorokan. Nafas berat juga disebabkan karena adanya peradangan, kontraksi atau sumbatan. Jika sudah lebih dari dua minggu gejala ini dialami, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Berbagai penyebab kanker paru-paru diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok. Untuk Anda perokok berat, segeralah coba cari cara untuk mengurangi bahkan kalau bisa menghentikan kebiasaan tersebut. Jika sudah masuk stadium berat, penanganan secara medis akan susah dan perlu untuk penanganan kemoterapi dan radioterapi. 





Tidak ada komentar