Breaking News

Investasi Melalui Tabungan Pensiun




Masa depan terjamin tanpa bayang-bayang hidup melarat di usia lanjut. Investasi bisa dikatakan sebagai tabungan pensiun yang paling menguntungkan untuk masa depan. Pilihan untuk investasi saat ini beragam, mulai dari pasar modal, obligasi negara, produk lembaga keuangan perbankan maupun non-perbankan. Itu semua bertujuan untuk mempersiapkan dana pensiun.

Investasi ini bersifat jangka panjang, karena investor baru akan memperoleh manfaat maupun keuntungan di hari tua. 


Investasi untuk Dana Pensiun


Investasi meskipun sebagai tabungan pensiun yang paling menguntungkan, namun tetap perlu menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, tentu jumlah uang yang harus Anda tanamkan pada investasi ini juga harus besar. Anda bisa melakukan dengan beberapa cara, antara lain :

1. Menyisihkan Uang

Anda bisa menyisihkan Rp100 ribu per harinya sebagai investasi untuk dana pensiun. Hal itu berarti selama 1 bulan atau 30 hari, Anda harus mampu mengalokasikan Rp.3 juta dari penghasilan untuk dana investasi tersebut.

2. Menekan Pengeluaran

Hal ini mungkin saja akan terasa sulit, terutama di masa awal Anda menjalankannya, apalagi kalau gaji pas-pasan. Untuk itu Anda harus menekan pengeluaran yang tidak penting dan menjalani hidup hemat agar bisa konsisten menjalankan investasi dana pensiun. Dalam jangka panjang dengan uang Rp.100 ribu. maka manfaatnya akan Anda rasakan setelah memasuki masa pensiun. 


Disiplin Menyisihkan Uang


Mengutip pernyataan yang pernah disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, bahwa Anda sendiri yang menentukan masa depan Anda, bukan orang lain. Jadi jangan biarkan orang lain menyetir Anda.

Manfaatkan gaji yang Anda peroleh setiap bulan untuk hal-hal produktif, misalnya investasi jangka panjang. Dengan uang sebesar Rp100 ribu per hari, Anda dapat mengubah hidup di masa depan.

Dari hasil investasi tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk membuka usaha agar tetap produktif di masa pensiun. Bukan berarti meski sudah pensiun tidak bisa menghasilkan uang. Hari tua Anda bersama istri atau suami akan terjamin.

Tentu saja investasi harus dilakukan secara disiplin untuk menyisihkan uang. Jangan sampai alokasi dana investasi dari gaji Anda diganggu gugat untuk kepentingan lain, apalagi yang sifatnya konsumtif. Anda bisa mengunjungi https://www.generali.co.id/id/solusi-lengkap/iplan-syariah sebagai referensi Anda menentukan tabungan pensiun. 




Tidak ada komentar