Breaking News

“TamanBibit.com” Sahabat bagi Anda yang Hobi Tanam Sayuran di Rumah


Berkebun kini sudah menjadi hal yang fleksibel, tidak lagi dimonopoli petani dan tidak juga harus mempunyai lahan yang luas. Apalagi hanya untuk berkebun atau menanam sayuran. Banyak toko atau distributor bibit siap membantu Anda untuk menyediakan bibit murah berbagai jenis sayuran yang Anda inginkan. 

Apapun profesi Anda, kalau ada keseriusan dan mau belajar tentu tidak banyak kesulitan yang akan Anda hadapi. Banyak media yang bisa Anda jadikan panduan untuk berkebun sayuran sehingga terasa mudah untuk dilakukan. Oleh karenanya kini berkebun sayuran sudah menjadi hobi dan kegemaran di kalangan masyarakat luas, tak terkecuali para ibu rumah tangga. 

Setiap orang berlomba-lomba memanfaatkan lahan yang dimilikinya untuk berkebun sayuran, khususnya lahan di pekarangan rumah yang tidak terlalu luas. Pekarangan rumah menjadi salah satu pilihan lokasi berkebun sayuran yang banyak diminati masyarakat. Hal ini disamping karena kemudahannya untuk memantau dan merawat juga sebagai upaya untuk membuat tanah pekarangan menjadi lebih produktif.

Bagaimana berkebun sayuran di tanah pekarangan rumah?

Yang perlu Anda pahami terlebih dahulu tentu menyangkut ukuran tanah pekarangan rumah yang tidak terlalu luas. Namun demikian ini bukan menjadi kendala. Mengingat akan hal ini Anda tidak perlu khawatir, kini telah banyak teknik penanaman yang tidak perlu lahan yang luas untuk budidaya sayuran. Tentu cara menanam sayuran di pekarangan rumah akan berbeda dengan cara menanam sayuran di lahan yang luas.

Untuk memaksimalkan tanah pekarangan yang tidak terlalu luas maka banyak metode yang bisa dilakukan dalam usaha budidaya sayuran. Berikut ini beberapa metode yang bisa dijadikan pilihan sebagai cara menanam sayuran di pekarangan rumah.

1. Berkebun sayuran secara hidroponik

Berkebun sayuran secara hidroponik adalah dengan menggunakan media air sebagai pengganti media tanah. Dengan metode ini, nutrisi yang biasa didapatkan tanaman dari tanah akan digantikan melalui media air. Penambahan larutan dari unsur hara ke dalam air dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Cara yang murah, berkebun secara hidroponik bisa dilakukan dengan menggunakan botol, berikut cara membuatnya :
  • Potong botol bekas menjadi 2 bagian.
  • Lubangi tutup botol.
  • Gabungkan ke dua bagian botol. Caranya adalah dengan membalik bagian moncong botol menghadap ke bawah.
  • Pasang sumbu kompor atau kain flanel pada lubang di tutup botol, pastikan sumbu atau kain bisa menyerap air nutrisi.
  • Tanam bibit tanaman pada bagian atas botol dengan tanah secukupnya.
  • Isi bagian botol bawah dengan air nutrisi

2. Berkebun sayuran dalam pot

Penggunaan pot tentu sudah tidak asing lagi didengar telinga. Pot menjadi salah satu cara menanam sayuran di pekarangan rumah, karena kemampuannya untuk menghemat kebutuhan lahan. Peranan pot juga dapat digantikan oleh polybag untuk menghemat biaya. Pot yang memiliki banyak jenis seperti tanah liat, plastik, semen, dan logam juga dapat menjadi pilihan sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Akan tetapi satu hal yang penting diperhatikan dalam pemilihan pot adalah keberadaan kaki-kaki pot untuk memungkinkan sirkulasi udara pada tanaman. Media tanam dalam pot adalah percampuran antara tanah, pupuk kompos, dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sama dengan bertanam pada tanah langsung, tanaman pada pot juga membutuhkan pupuk yang dapat diberikan dalam periode 3 bulan sekali.

3. Berkebun sayuran dengan kontainer atau bahan daur ulang

Penggunaan kontainer memungkinkan media tanam yang lebih besar dari pot jika memang tersedia. Juga bisa menggunakan wadah daur ulang yang berasal dari rumah, seperti bungkus minyak sayur, kemasan refill sabun-sabunan, wadah plastik atau kaleng. Sebaiknya gunakan wadah yang berasal dari rumah, daur ulang kemasan agar lebih berguna dan tidak menjadi sampah. Fungsinya juga dalam menghemat penggunaan lahan.

Isi kontainer atau bahan daur ulang dengan tanah yang baik dan gembur serta mengandung unsur hara yang tinggi. Agar kebutuhan pertumbuhan tanaman dapat tercukupi, letakkan kontainer pada tempat dengan sinar matahari langsung. Lakukan pengairan secara berkala dan waspadai gangguan berupa hama dan penyakit.

4. Berkebun sayuran secara vertikal

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah dapat dilakukan dengan membuat kebun vertikal. Kebun vertikal adalah kebun yang disusun secara vertikal dari atas ke bawah. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan pot-pot yang digantung atau ditempel, ataupun dibuat dalam bentuk rak-rak bertingkat. Pot juga dapat diganti dengan paralon bekas untuk menghemat biaya. 



Itulah beberapa cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang dapat Anda coba. Beberapa bibit sayuran yang cocok dibudidayakan di pekarangan rumah antara lain terong, bayam, kangkung, sawi, tomat, seledri, selada dan cabai.

Banyak dari masyarakat mungkin termasuk Anda yang hobi tanam sayuran bertanya, di mana bisa mendapatkan bibit sayuran yang murah?  Nah, tidak perlu bingung, bibit sayuran yang murah namun tetap terjamin kualitasnya, silakan Anda mengunjungi situs TamanBibit.com ☎ 0812 3241 2221  sebagai grosir dan retail aneka bibit tanaman. Selain bibit sayuran, di sini juga bisa Anda dapatkan bibit untuk tanaman buah, bunga, herbal dan berbagai jenis pohon.



Tidak ada komentar