Breaking News

Mengenal Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan Alergi Rhinitis



Alergi rhinitis merupakan salah satu alergi yang disebabkan faktor non-makanan, misalnya banyak kasus disebabkan serbuk sari bunga. Alergi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bertindak melebihi batas untuk berbagai partikel di udara yang dihirup. Sistem kekebalan menyerang partikel di tubuh, menyebabkan gejala-gejala seperti bersin dan hidung meler. Alergi ini bisa saja menyerang anak-anak, juga sering disebut alergi musiman karena terjadi pada waktu tertentu. 
 
Apakah yang dimaksud alergi rhinitis ?

Alergi rhinitis juga sering disebut dengan hay fever. Jika alergi ini menyerang tubuh maka akan menyebabkan timbulnya berbagai gejala sehingga seseorang merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Jenis alergi ini biasanya disebabkan karena berbagai partikel debu maupun serbuk bunga yang terhirup tubuh. Partikel-partikel penyebab alergi ini disebut alergen. Ketika seseorang mengalami serangan alergi ini, maka tubuh akan berusaha melindungi sehingga menimbulkan gejala seperti pilek, bersin-bersin atau mata menjadi gatal.

Walaupun jenis alergi ini termasuk jenis alergi yang terjadi pada waktu tertentu, namun tentu bisa saja akan sangat mengganggu Anda. Oleh karenanya jika Anda telah mengetahui terserang alergi ini, maka Anda harus berusaha untuk menghindari atau menjauhi berbagai bentuk alergen yang bisa jadi penyebab alergi ini.

Gejala dari alergi rhinitis

 
Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana gejala dari alergi rhinitis ini, maka Anda perlu menyimak penjelasan mengenai gejala dari jenis alergi ini. Gejala umum alergi jenis ini akan ditandai dengan bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk-batuk, mata menjadi gatal, atau hidung menjadi beringus. Gejala ini timbul jika seseorang berdekatan atau menghirup alergen seperti serbuk bunga, bulu binatang, debu atau jamur.

Pada banyak kasus, jenis alergi ini sangat sering dialami seseorang karena disebabkan oleh serbuk bunga. Serbuk bunga tentu dalam kondisi melimpah pada saat bunga bermekaran sehingga banyak yang menyebut alergi ini sebagai alergi musiman. 


Namun begitu Anda tetap harus hati-hati karena bisa saja penyebab alergi ini adalah benda di sekitar Anda. Misalnya saja binatang piaraan Anda seperti kucing, dimana  bulu kucing bisa menjadi penyebab alergi ini.

Penyebab alergi rhinitis

 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa rhinitis alergi atau hay fever ini paling umum disebabkan oleh serbuk bunga yang bermekaran. Penyebab dari jenis alergi ini bisa dibedakan menjadi dua yaitu  faktor genetik dan lingkungan. Ada dua jenis yang menyebabkan seseorang mengalami jenis alergi ini karena faktor lingkungan, yaitu serbuk sari yang beterbangan di udara dan serbuk sari yang dibawa oleh serangga.

Dari dua jenis bentuk penyebab rhinitis alergi ini, serbuk sari yang beterbangan secara langsung di udara menjadi faktor penyebab utama terjadinya jenis alergi ini. Sedangkan serbuk sari yang dibawa oleh serangga biasanya berpeluang kecil menyebabkan terjadinya rhinitis alergi.

Cara menyembuhkan alergi rhinitis

 
Bagi Anda yang telah mengenal jenis alergi yang satu ini dan telah mengetahui bahwa Anda menderita jenis alergi yang satu ini, tentu Anda membutuhkan cara mencegah maupun mengobati alergi ini. Untuk mencegah terjadinya jenis alergi ini, maka Anda perlu menghindari alergen dan jangan lupa untuk mengenakan masker di saat berada di sekitar alergen sehingga tidak terjadi kontak langsung dengan hidung Anda.

Untuk menyembuhkan alergi ini sendiri, Anda dapat menggunakan penanganan medis yang sering digunakan seperti kortikosteroid intranasal. Jika penanganan medis ini tidak mempan, Anda dapat menggunakan terapi jenis antihistamin, irigasi hidung, maupun dekongestan.

Itulah penjelasan mengenai jenis alergi rhinitis baik itu gejala, penyebab, maupun cara pencegahan hingga penanganannya. Apabila Anda merasakan gejala alergi ini sebaiknya segera melakukan tindakan pengobatan, jika tidak mungkin dilakukan secara mandiri, ada baiknya Anda segera pergi ke dokter.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya! 





Tidak ada komentar