Breaking News

Membangun Lebih Praktis dan Berkualitas dengan Beton Pracetak. Tersedia yang Terbaik di MegaconPerkasa.com


Seiring kemajuan zaman dan pertambahan penduduk telah menyebabkan semakin besarnya kebutuhan tempat tinggal dan berbagai bangunan infrastruktur lainnya. Untuk memenuhinya mau tidak mau tentu harus diiringi dengan kecepatan penyelesaian pembangunannya.

Bicara masalah bangunan tempat tinggal atau infrastruktur lain pada umumnya maka tidak lepas dari masalah konstruksi. Mampukah konstruksi beton konvensional menopang besarnya kebutuhan pembangunan tersebut?

Tentu saja tidak. Dengan kemajuan teknologi, kondisi saat ini penggunaan beton konvensional dalam konstruksi cenderung ditinggalkan. Fungsinya kini banyak digantikan dengan aplikasi beton pracetak (precast concrete), terlebih lagi untuk proyek dengan skala besar. Disamping lebih praktis penggunaan beton pracetak juga diyakini bangunan lebih berkualitas.

Masifnya penggunaan beton pracetak dalam menopang pembangunan tidak terlepas dari keunggulan yang dimilikinya dibanding konstruksi beton konvensional. Beberapa keunggulan sistem beton pracetak untuk pembangunan antara lain :
  • Membuat pelaksanaan pekerjaan di lapangan bisa lebih cepat dan mudah sehingga mengurangi waktu dan biaya konstruksi.
  • Kontrol terhadap mutu pekerjaan lebih baik karena pengerjaan komponen frame dilakukan sebelum pemasangan (instalasi).
  • Dengan kontrol yang baik maka kualitas konstruksi lebih terjamin
  • Ramah lingkungan dengan berknrangnya bahan cetakan dari kayu
  • Mengurangi jumlah tenaga kerja di lapangan
  • Kondisi lapangan lebih bersih.

Jenis beton pracetak apa saja yang tersedia? Sudah barang tentu produksi beton pracetak menyesuaikan kebutuhan konstruksi yang umum ada di lapangan, berikut beberapa jenis yang bisa Anda temukan di pasaran, antara lain :

1. Box Culvert

Box culvert adalah jenis beton pracetak berbentuk kotak persegi panjang dengan ukuran ukuran tertentu dengan kegunaannya sebagai gorong-gorong memiliki spigot dan socket sehingga tidak dapat menyerap air hujan kedalam tanah. Hal ini dikarenakan karakteristik dari material ini yang kedap terhadap masuknya air hujan atau eksfiltrasi.

Kelebihan box culvert adalah mampu menahan pergeseran tanah. Penggunaannya bukan hanya sebagai saluran pembuangan air kotor di depan bangunan tetapi juga dapat digunakan sebagai underpass, tunnel, subway, jembatan, gorong-gorong dan masih banyak lagi.

2. U Ditch

U ditch merupakan sebuah kanal, biasanya digunakan untuk kanal saluran air ataupun irigasi. Fungsi utamanya adalah sebagai saluran air yang mampu membawa atau mengalirkan air serta dapat meresapkan sebagian air hujan ke dalam tanah. Ukuran U ditch bervariasi, tergantung dari fungsi serta besar debit air yang akan dialirkan.

Bentuk dari saluran ini adalah terbuka (seperti huruf U), sehingga biasanya dipakai untuk membuat saluran terbuka di pinggir jalan, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat juga ditutup. U ditch memiliki cover yang dapat digunakan untuk membuat saluran tertutup dengan nama cover u ditch dan memiliki ukuran panjang separuh dari ukuran u ditch.

3. Kanstin Beton

Jenis beton pracetak berikutnya adalah kanstin. Produk ini dibuat sebagai pembatas, baik jalan maupun paving. Secara struktural, kanstin merupakan bingkai yang dapat meningkatkan kekuatan sambungan karena berfungsi sebagai pengunci sehingga mengurangi pergeseran.

Produk perkerasan ini juga dapat digunakan sebagai penanda pembeda ruang atau ketinggian. Sebagai contoh untuk membedakan jalan kendaran bermotor dengan pejalan kaki dapat menggunakan kanstin yang lebih tinggi; atau untuk pinggiran taman pada kawasan trotoar atau area pejalan kaki lainnya.

4. Buis Beton

Serupa dengan box culvert, gorong-gorong atau buis beton memiliki fungsi sebagai saluran air. Perbedaan di antara jenis beton pracetak ini yaitu pada bentuknya. Bila box culvert berbentuk kotak sedangkan buis beton memiliki bentuk seperti tabung silinder. Produk beton ini ketika dipasang seperti sebuah saluran pipa air besar dari beton. Ukurannya juga bisa sangat besar disesuaikan dengan debit air yang akan disalurkan.

5. Pagar Panel

Pagar yang terbuat dari beton ini biasanya digunakan untuk pemagaran pada perumahan, jalan, perkebunan dan lain sebagainya

Dengan adanya beton pracetak ini, maka pengerjaan konstruksi untuk pagar dan kolom khususnya, jadi lebih mudah dan cepat. Pagar panel ini berbentuk balok kolom untuk aplikasinya yang mudah dan lebih praktis. Bahkan bisa pula digunakna untuk plat jembatan.

6.Road Barier

Beton pracetak untuk road barrier digunakan sebagai pembatas dan pengaman jalan. Beton ini bisa dipindahkan untuk kondisi jalan tertentu, sehingga bukan merupakan pembatas permanen dijalan, meksipun pemindahannya harus menggunakan alat khusus karena cukup berat jika diangkat dengan tenaga manusia saja.

Dengan fungsinya tersebut, beton untuk road barrier harus memiliki kuat beton yang bagus dengan pemilihan material berupa semen dan agregat terbaik. Saking kuatnya beton precast ini, maka beton road barrier yang bermutu tidak akan mudah retak meskipun terkena atau tertabrak kendaraan berat sekalipun. 




Itulah beberapa jenis beton pracetak yang sangat membantu mempercepat mendirikan berbagai bangunan dan pemanfaatan khusus lainnya. Semua jenis produk beton pracetak tersebut bisa Anda dapatkan di perusahaan PT.Megacon Perkasa.  Bagi yang tinggal di wilayah Jabodetabek maka beton pracetak jabodetabek bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi MegaconPerkasa.com ☎ (021) 2957 2295   Di sini Anda bisa dapatkan beton pracetak dengan mutu terbaik dengan harga yang cukup relatif murah.

  

Tidak ada komentar