Breaking News

3 Aspek Penting Membangun Drainase, Salah Satunya Pipa yang Digunakan. Dapatkan Pipa Drainase Terbaik di MegaconConcrete.com



Apakah Anda sedang membangun tempat tinggal, rumah atau kantor?

Jika ya, jangan sampai lupa, Anda wajib memperhatikan hal yang sepele yaitu sistem drainase di bangunan yang tengah Anda bangun tersebut.

Tidak ada salahnya hal tersebut diingatkan karena masalah drainase adalah salah satu hal yang seringkali dilupakan saat berlansungnya pembangunan rumah atau bangunan lainnya. Padahal drainase adalah hal yang sangat penting. Drainase dibuat dengan tujuan utama agar sistem aliran air di sekitar bangunan rumah Anda dapat lancar.

Bagaimana drainase yang baik?

Tentu sangat mudah ukurannya. Drainase yang bisa memastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah Anda saat air datang, misalnya saat hujan bisa menjadi salah satu petunjuk bahwa drainase rumah Anda sudah baik. Dengan demikian efek buruk yang lebih besar seperti banjir juga kemungkinan kecil akan terjadi.

Untuk membuat drainase yang baik, Anda perlu memperkirakan posisi drainase yang tepat sesuai kondisi bangunan rumah Anda. Pada langkah awal ini Anda perlu memperhitungkan secara cermat. Hal ini penting karena akan sangat menentukan keberhasilan fungsi drainase yang akan dibangun. Tidak ada gunanya bahan, utamanya pipa drainase dan kualitas bangunannya yang bagus jika posisinya tidak tepat.

Selain posisi tentunya masih ada hal lain yang menentukan keberhasilan fungsi drainase. Berikut 3 aspek lainnya yang harus Anda perhatikan agar drainase yang Anda bangun dapat berfungsi dengan baik.

1. Kondisi Saluran Air di Sekitar Rumah

Bagaimana kondisi saluran pembuangan air di sekitar rumah Anda penting untuk diketahui sebelum membangun drainase. Beberapa hal perlu menjadi focus perhatian Anda, antara lain adalah :
  • melihat di mana saja letak saluran air sekitar rumah,
  • apakah lingkungan luar rumah memiliki parit
  • apakah ada peresapan atau tempat saluran perjalanan air dari permukaaan ke dalam tanah.
  • di mana saja letaknya, apakah dekat dengan yang akan Anda bangun atau berada di beberapa tempat saja.
Dari informasi tersebut di atas tentu Anda sudah dapat membuat keputusan. Jika hanya ditemukan sedikit saluran pembuangan air maka saluran pembuangan air yang akan Anda bangun harus dalam dan lebar. Jika Anda menemukan banyak saluran pembuangan air dan dalam kondisi yang efektif untuk jalannya air permukaan, maka tetap membangun saluran pembuangan air yang dalam, namun dengan ukuran yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

2. Besarnya Air Permukaan

Air permukaan yang harus diperhatikan seperti air bekas cuci pakaian, air bekas cuci piring, air dari WC, air dari kamar mandi, air bekas cuci kendaraan, juga air hujan. Agar drainase tahan lama, Anda perlu menambahkan parit di sekitar rumah. Walaupun fungsi dari drainase sebagai tempat saluran pembuangan air namun tentu jumlah air dari permukaan tidak akan cukup dengan hanya satu saluran saja.

Selain itu tidak cukup membangun satu buah saluran pembuangan air, jika kondisi sekitar rumah apalagi rumah Anda sering menggunakan air. Sebagai solusinya perlu dibangun pada beberapa tempat, bahkan drainase juga harus cukup dalam. Tujuannya adalah agar saluran air jdapat selalu lancar menuju ke saluran pembuangan air tersebut.

3. Pemilihan Pipa yang Digunakan

Pipa drainase sebagai komponen utama yang akan Anda gunakan sebagai saluran air rumah penting diperhatikan. Untuk menghindari pemborosan gunakan pipa drainase yang bisa dijamin berkualitasnya.


Kualitas pipa yang baik haruslah bisa tahan lama, tahan terhadap berbagai sifat air, tidak mudah retak, kuat menerima tekanan air yang datang dan juga harus lancar mengalirkan air. Untuk itu carilah supplier pipa drainase yang bisa dipercaya.




Itulah 3 aspek penting yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan drainase. Khusus untuk kebutuhan pipa drainase, bagi Anda yang tinggal di wilayah Jabodetabek bisa mengunjungi MegaconConcrete.com ☎ (021) 2957 2295   Di sini Anda bisa dapatkan pipa drainase dengan mutu terbaik dengan harga yang cukup relatif murah.





Tidak ada komentar