Breaking News

Mengenal Ragam Jenis Pola Ban Mobil



Ban mobil memiliki pola yang berpengaruh pada performanya ketika digunakan untuk berkendara. Seperti yang diketahui bahwa pola pada ban akan berpengaruh pada kemampuan mencengkeram ketika mengerem, kecepatan mobil saat berkendara, dan lain sebagainya. Walau mungkin terlihat sepele tapi pola pada ban bisa berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara.

Ban menjadi bagian yang penting dari sebuah mobil. Coba saja Anda bayangkan kalau tidak ada ban, maka mobil tidak akan bisa berjalan. Kalau ban dalam kondisi yang tidak bagus, mobil juga tidak akan bisa berjalan dengan normal. Pengendara bisa merasa tidak nyaman dan bahkan ban yang aus bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Mengingat betapa pentingnya fungsi ban pada mobil, maka sebaiknya Anda tahu banyak hal tentang ban. Kali ini Kita akan membahas tentang beragam jenis tapak pola yang ada pada ban. Dengan mengetahui jenis-jenis tapak pola pada ban, Anda mungkin akan bisa memilih jenis atau tipe ban yang paling cocok untuk digunakan pada mobil.

Jenis Pola Ban

Tapak pola pada ban memiliki peran yang penting. Tapak pola juga bisa menjadi indikator ban sudah waktunya diganti atau belum. Jika tapak pola masih jelas dan tebal maka ban masih layak untuk digunakan berkendara. Namun, jika tapak pola pada ban sudah terlihat mulai menipis atau bahkan semakin hilang maka sudah waktunya bagi Anda untuk mengganti ban.

Ban mobil bisa dibedakan menjadi beragam jenis karena tapak pola yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis tapak ban yang perlu Anda ketahui :

1. Tapak Simetris

Tapak simetris merupakan tapak yang dibuat sama dan saling berhubungan di setiap lekuknya. Biasanya tipe alur yang dipakai pada tapak simetris adalah alur block. Ban dengan tapak pola yang simetris biasanya akan memberikan kenyamanan lebih karena bisa meminimalkan terjadinya getaran ketika mobil melaju dalam kecepatan yang tinggi.

2. Tapak Asimetris

Tapak asimetris pada ban adalah pola yang dibuat berbeda pada bagian luar dan dalam sisi ban. Biasanya, bagian luar sisi ban akan memiliki alur yang lebih besar dan bagian dalam sisi ban memiliki alur yang lebih kecil. Ban dengan tapak pola asimetris dinilai memiliki daya cengkram yang baik entah pada jalanan yang kering atau basah.

3. Tapak Unidirectional

Tapak unidirectional adalah tapak satu arah. Ban jenis ini memiliki pola kembang yang mengarah ke satu arah membentuk huruf V. Jenis ban dengan tapak pola unidirectional ini memiliki kemampuan yang bagus untuk membuang air baik ke arah luar maupun dalam. Ban jenis ini juga bisa digunakan secara optimal pada kecepatan tinggi.

4. Tapak Eco

Ban yang memiliki tapak pola eco adalah ban yang dikenal ringan dan memiliki pola yang sederhana. Pola ini memiliki lebar yang lebih kecil dan biasa digunakan pada jenis mobil yang hemat bahan bakar. Hanya saja, ban dengan tapak pola eco ini memiliki kemampuan mencengkeram aspal yang tidak begitu baik.

5. Tapak Tinggi Alur Lebar

Sesuai dengan namanya, jenis ban yang satu ini memiliki tapak pola yang tinggi dan lebar. Ban ini biasanya digunakan pada tipe mobil tangguh seperti mobil off road. Ban mobil tipe ini juga dinilai cocok digunakan untuk melaju di jalanan yang tergenang air karena bisa membuang air dengan sangat baik.

Itulah tadi beberapa jenis tapak pola pada ban mobil. Setelah mengenali jenis-jenis tapak pada ban, Anda mungkin bisa menilai jenis tapak seperti apa yang paling sesuai dengan mobil yang Anda miliki. Jika masih bingung, bisa langsung bertanya pada pihak bengkel ketika ban mobil anda perlu diganti.




Tidak ada komentar