Breaking News

Begini Cara Mengonsumsi Buah-buahan Segar yang Benar

Image Source: Pixabay.com

Menu makanan manusia modern saat ini didominasi aneka ragam makanan tinggi lemak dan minim serat. Hasilnya? Buah-buahan segar kerap dilupakan. Padahal, mengonsumsi buah dapat memberi manfaat besar bagi kesehatan, lho.

Maka dari itu, segera masukkan buah-buahan segar ke dalam menu makanan harian yang dikonsumsi, yuk! Tapi sebelumnya, kamu perlu tahu terlebih dahulu cara tepat mengonsumsi buah-buahan segar supaya hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Di dalam buah-buahan segar terdapat sejumlah vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh agar bisa berfungsi normal. Setiap jenis buah-buahan segar mempunyai kandungan yang berbeda-beda, namun secara umum buah sangat berguna dalam menunjang kesehatan.

Tidak percaya? Berikut ini beberapa manfaat buah-buahan segar :

● Mencegah Penyakit Jantung 

 
Buah-buahan segar mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan jantung. Dalam buku Eat, Drink, and Be Healthy: The Harvard Medical School Guide to Healthy Eating, pakar nutrisi dari Harvard University, Walter C. Willett menulis bahwa risiko terkena serangan jantung bagi orang yang dalam sehari mengonsumsi 5 kali buah-buahan segar atau sayur-sayuran bisa berkurang 15 persen.

Secara khusus, buah-buahan segar yang bermanfaat besar bagi jantung adalah apel, pisang, anggur, dan aprikot karena di dalamnya terdapat kandungan flavonoid, carotenoid, fiber, potasium, dan magnesium yang penting bagi kinerja jantung.

● Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2 

 
Diabetes tipe 2 menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita orang modern. Padahal risiko terkena gangguan ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Ini pun telah dibuktikan Journal of Diabetes Investigation, yang pada 2016 menemukan bahwa buah mengurangi risiko mengalami diabetes.

Hal ini dikarenakan di dalam buah-buahan segar terdapat kandungan fiber yang berguna mengatur kemampuan tubuh memanfaatkan insulin. Berkat itu level gula darah terjaga, deh.

● Membantu Memerangi Kanker

Buah-buahan segar membantu tubuh dalam memerangi kanker atau kemungkinan perkembangannya di dalam tubuh. Bahkan sejumlah buah mengandung antioksidan tinggi yang mencegah kanker berkembang. Wow!

Contohnya adalah kandungan vitamin C, beta-carotene, dan phytonutrient. Menurut Plant Based Diets: A Physician's Guide, ketiganya sudah terbukti mencegah perkembangan sel-sel kanker.

● Menjaga Kesehatan Tubuh

Buah-buahan segar memiliki berbagai kegunaan bagi tubuh. Kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalamnya diketahui bermanfaat untuk membuat organ-organ vital di tubuh berfungsi dengan baik. Dengan demikian risiko terkena penyakit degeneratif bisa dikurangi.

Sebagai bukti, buah-buahan segar diketahui berguna untuk mengatur tekanan darah, memperbaiki kesehatan tulang, hingga menurunkan kadar kolesterol. Bahkan buah membantu sistem pencernaan bekerja optimal dan membuat kulit serta rambut tetap sehat.

Cara Mengonsumsi

Ternyata manfaat buah-buahan segar sangat besar. Sudah seharusnya buah dimasukkan ke dalam diet harian supaya kesehatan tubuh terbantu. Namun, jangan asal memakannya kalau ingin memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Selama ini, banyak yang mengonsumsi buah-buahan segar dengan cara kurang tepat. Buah pun asal dimakan saja. Memang manfaat yang didapatkan masih ada, namun kadarnya kurang besar dibanding kalau dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Lantas bagaimana cara mengonsumsi buah-buahan yang tepat?

● Makanlah Saat Perut Kosong

Manfaat buah-buahan segar bisa didapat dengan maksimal ketika dikonsumsi saat perut kosong. Pagi hari contohnya. Buah bisa menjadi menu pilihan untuk sarapan ketika belum menyantap makanan lain.

Sebagai pendamping, buah-buahan segar dapat dikonsumsi bersamaan dengan segelas air putih. Kombinasi keduanya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Selain pagi hari, buah-buahan segar juga baik disantap di sela-sela waktu makan. Bisa diambil antara masa makan pagi dan makan siang atau justru saat-saat di antara makan siang dan makan malam.

Ketika hendak mengonsumsi buah-buahan segar, disarankan untuk mengambil jeda waktu setidaknya satu jam sesudah makan. Ini supaya perut sudah berada dalam keadaan kosong, sehingga buah bisa dicerna dengan baik.

● Konsumsi Tanpa Tambahan Apa pun 

 
Jika ingin mendapatkan manfaat buah-buahan segar, lebih baik mengonsumsinya secara langsung. Buah jangan diolah dulu sehingga benar-benar asli. Selain itu, sangat disarankan untuk memakan buah secara murni, dalam artian tidak diberi tambahan lain. Hal ini penting agar tidak ada zat lain yang merugikan tubuh ikut dikonsumsi.

Sebagai contoh ketika buah hendak dijadikan jus. Tidak perlu menambahkan gula atau krim yang justru tidak bermanfaat dalam menunjang kesehatan tubuh. Dengan itu, manfaat buah justru tetap optimal.

● Jadikan Sebagai Kudapan

Banyak masalah kesehatan tubuh dipicu oleh konsumsi kudapan yang kurang sehat karena memiliki kandungan tinggi gula, rendah serat, serta kadar garam yang berlebihan. Gantilah semua itu dengan buah-buahan segar.

Konsumsilah buah sebelum makan, disarankan untuk mengonsumsinya antara 30 menit atau satu jam sebelum makan supaya diserap tubuh dengan baik. Nanti, selain menjadi kudapan lezat, buah-buahan segar juga akan membantu menahan hasrat makan berlebihan. Ini berguna sekali bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan atau menjaga tingkat asupan kalori.

Manfaat dan cara mengonsumsi yang tepat sudah diketahui. Sekarang saatnya mendapatkan buah-buahan segar. Gunakanlah layanan honestbee supaya praktis. Tinggal pesan secara online, honestbee akan membelanjakan buah sesuai harga di supermarket pilihan.

Setelah itu, honestbee akan secepatnya mengirim sehingga buah tetap segar. Sekarang honestbee telah melayani pengiriman untuk konsumen di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pelanggan di sana tinggal akses situs atau aplikasi honestbee untuk mendapatkan buah-buahan segar dengan mudah.

Selain itu, Anda bisa menikmati promo “Have Fun, Go Mad (Groceries Hemad)” juga dengan belanja di honestbee, lho. Yuk, nikmati DISKON HINGGA 50% setiap harinya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku!





Tidak ada komentar