Breaking News

Pertama di dunia, Facebook resmikan Ruang Komunal Indonesia


Facebook meresmikan pembukaan Ruang Komunal Indonesia, sebuah ruang komunitas yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya komunitas untuk saling belajar dan terhubung satu sama lain. Ruang Komunal Indonesia merupakan ruang komunitas pertama milik Facebook di dunia.

Ruang Komunal Indonesia diharapkan dapat menjadi tempat bagi organisasi nirlaba, komunitas dan grup untuk berinteraksi secara lebih bermakna sekaligus membangun komunitasnya, baik secara online maupun offline.

"Di Facebook, kami melihat semakin banyak komunitas berkumpul bersama untuk mendiskusikan berbagai macam topik sehingga kami mulai berpikir tentang apa yang dapat kami lakukan untuk mendukung mereka juga secara offline," ujar Clair Deevy, Director of Policy Programs, Facebook, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

"Ruang Komunal Indonesia merupakan ruang komunitas pertama kami di dunia dimana kami ingin mewujudkan misi Facebook dan membuat sebuah tempat bagi komunitas untuk berbagi cerita, menciptakan konten positif, dan belajar hal baru dari komunitas lain," sambung dia.

Dua komunitas yang selama ini telah memberikan dampak positif nyata bagi masyarakat, menyambut baik adanya Ruang Komunal Indonesia.

Adalah SabangMerauke, sebuah organisasi sosial nirlaba yang telah meraih banyak penghargaan untuk kampanyenya dalam mendukung keberagaman Indonesia melalui kegiatan edukasi dan membangun komunitas.

SabangMerauke sendiri merupakan akronim dari Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali. Program utama komunitas ini adalah pertukaran pelajar antar-daerah, yang merupakan program pertama di Indonesia dan bahkan di dunia.

Program pertukaran pelajar ini bertujuan untuk menyebarkan semangat keberagaman dan mempersatukan Indonesia sejalan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

SabangMerauke menggunakan Facebook Page untuk merekrut sukarelawan yang bersedia menjadi Kakak SabangMerauke, Famili SabangMerauke, serta memberikan kesempatan bagi anak muda untuk tergabung dalam program pertukaran pelajarnya sebagai Adik SabangMerauke.

Selanjutnya, komunitas 501st Legion Garuda Garrison Indonesia, sebuah komunitas para penggemar Star Wars.

Komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan minat akan Star Wars melalui kegiatan cosplay atau permainan kostum, dan memfasilitasi penyelenggaraan acara yang berhubungan dengan Star Wars dan acara penggalangan dana untuk tujuan sosial melalui peragaan kostum Star Wars.

Komunitas ini telah berhasil menggalang dana untuk tujuan sosial sejak tahun 2014. Hingga saat ini, mereka telah berhasil menggalang dana sebesar Rp.425.113.389 dan telah disumbangkan ke berbagai organisasi nirlaba di Indonesia.

Selain mengumpulkan dana untuk aksi sosial, komunitas tersebut secara rutin melakukan kunjungan ke rumah sakit untuk menghibur pasien anak-anak.

Ruang Komunal Indonesia akan tersedia secara gratis untuk semua komunitas lokal termasuk organisasi nirlaba, startup, para ahli, dan lain-lain untuk membantu mereka terlibat dalam interaksi yang bermakna dan membangun komunitas inspiratif. Demikian seperti dilansir antaranews.com.






Tidak ada komentar